Langkah Mudah Stek Tanaman Bagi Pemula

Langkah Mudah Stek Tanaman Bagi Pemula

frogsters.com – Mengembangbiakkan tanaman merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Dari berbagai cara budidaya yang tersedia, teknik stek atau metode vegetatif menjadi teknik paling populer dan umum untuk dipilih. Mengingat cara ini tidak membutuhkan proses yang rumit, cara stek tanaman dengan memilih metode vegetatif sangat direkomendasikan bagi pemula.

Bagi penghobi atau penyuka aktivitas bertanam, Anda bisa menerapkan opsi tersebut pada tanaman yang ingin Anda budidayakan. Lantas bagaimana langkah tersebut secara tepat? Ikuti langkah-langkahnya pada pembahasan berikut ini.

Beberapa Cara Setek Lazim Dilakukan

Dalam proses pengembangbiakkan pohon melalui setek, penghobi dapat menerapkan 3 cara berbeda, antara lain melalui opsi batang, opsi daun, maupun media akar. Untuk memahami ketiga proses tersebut, Anda bisa menyimak uraian berikut ini.

1. Media Batang

Salah satu langkah paling umum yakni melalui batang. Stek batang adalah langkah budidaya tumbuhan melalui metode memotong bagian tertentu, seperti batang tumbuhan. Umumnya bagian nantinya dipotong yakni bagian pohon berusia cukup tua agar nantinya dapat menjadi akar dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Khusus tumbuhan jenis tertentu seperti rempah, media didapat dari ruas dengan jarak satu ruas dari pucuk. Selain itu cara ini juga kerap kali diterapkan pada kayu berukuran tinggi. Untuk penerapannya, penghobi dapat menentukan ukuran yakni satu lengan pohon melalui penerapan teknik miring saat memotongnya.

Cara stek tanaman ini juga bisa diaplikasikan pada berbagai jenis pohon meliputi hardwood, semi hardwood, ataupun softwood. Hardwood merupakan jenis pohon berbatang kayu keras. Sementara itu semi-hardwood merupakan tumbuhan berkarakteristik kayu setengah keras. Berbeda dengan hardwood, softwood memiliki karakter jenis kayu cenderung lunak seperti halnya jenis herbal.

2. Media Daun

Selain melalui batang, terdapat beberapa bagian lain penghobi bisa digunakan sebagai media bertanam, yakni daun. Teknik ini dilakukan dengan memotong bagian daun. Namun penghobi juga dapat menyertakan tangkai dalam proses pemotongan karena tangkai juga berpotensi menumbuhkan akar pohon.

Tanaman yang bisa di stek daun haruslah tumbuhan berusia daun cukup tua dan memiliki warna hijau segar. Hindari menggunakan daun dalam kondisi layu atau menguning karena hal tersebut tidak akan menghasilkan pertumbuhan apa pun. Untuk memastikan pertumbuhan tanaman, Anda juga perlu memastikan bahwa media penghobi gunakan merupakan tanah lembab serta gembur.

3. Media Akar

Opsi lain Anda dapat lakukan yakni cara stek tanaman melalui akar. Tak berbeda jauh dengan setek pada pohon atau daun, opsi jenis ini bisa dilakukan dengan memotong bagian-bagian tumbuhan seperti akar, cabang, atau ranting. 

Baca Juga : Handphone Hilang? Begini Cara Menemukannya

Jika pada batang Anda mengambil bagian ranting berusia tua, namun pada opsi jenis ini Anda bisa mengambil akar dengan usia muda, tepatnya pada bagian pangkal pohon. Langkah tersebut pastinya dapat membantu penghobi menghasilkan anakan berkualitas.

Tags: ,