Cocor Bebek Berkembang Biak dengan Cara

Cocor Bebek Berkembang Biak dengan Cara

frogsters.com – Tanaman cocok bebek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang asalnya yaitu dari Madagaskar. Tanaman ini bisa diketahui cirinya yaitu dari cara perkembangbiakannya. Cara cocor bebek berkembang biak adalah dengan cara adventif atau vegetatif. Itulah sebabnya persebaran tanaman ini bisa dilakukan dengan mudah.

Bahkan hingga saat ini persebarannya hingga ke seluruh belahan dunia. Di daerah iklim ataupun subtropis tanaman cocor mudah ditemukan terutama di area kebun, parit dan tanah yang berbatu. Di negara-negara besar juga banyak ditemukan tumbuhan tersebut, seperti di Selandia Baru, Australia, Hawaii hingga Indonesia.

Cara Perkembangbiakan Tanaman Cocor

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tanaman yang satu ini mengalami perkembangbiakan dengan tunas daun atau yang disebut tunas adventif. Bisa juga secara vegetatif dengan cara alami atau buatan. Namun pada umumnya, cara tanaman tersebut bereproduksi adalah secara alami. Dengan munculnya tunas kecil di ujung daun tanaman, maka artinya pengembangbiakan sedang terjadi.

Kemudian pada saat tanamannya disimpan di atas tanah akan tumbuh akar baru dan menjadi tanaman baru. Cara penanamannya pun mudah karena tak perlu banyak air, juga dalam perawatannya tidak membutuhkan banyak air. Media tanam yang paling pas untuk menanam tumbuhan ini adalah seka, pupuk yang dicampur pasir, tanah gembur, dan bakar.

Ciri-ciri Tanaman

Untuk memudahkan dalam hal mengenali tanaman, Anda bisa melihat cirinya dari hal berikut:

1. Bagian Batang

Ciri pada batangnya yaitu agak tegak, sedikit lunak dan memiliki pangkal kayu yang bentuknya segi empat tapi agak bulat. Ketinggian batangnya yaitu sekitar 30 cm sampai 1 m. Tumbuhan cocor cocok sebagai tanaman hias yang ditanam dalam pot.

2. Daun

Pada satu pohon ini daunnya cukup lebat, memiliki daging dan kandungan airnya juga cukup banyak. bentuknya bulat memanjang atau lonjong menyerupai telur sedangkan bagian ujung tepinya bergerigit. Warnanya hijau muda dengan warna abu-abu dan ukurannya sekitar 5-20cm dengan lebar daun 2,5-15cm.

Keunikan dari pohon cocor adalah dapat bertumbuh secara langsung dan bisa dijadikan juga bibit tanaman baru, jika sudah terlihat tanaman yang baru di sekitar pinggir daun. 

3. Bunga

Bunganya termasuk jenis bunga majemuk yaitu bunga yang bisa tumbuh di bagian batang atas daunnya. Warna pada bunganya yaitu cerah sehingga enak dipandang.

Tumbuhan cocor termasuk jenis tumbuh-tumbuhan yang mengandung banyak air sehingga disebut dengan tumbuhan sukulen. Warna-warna pada bunganya termasuk warna-warna cerah, ada juga yang berwarna merah muda. Warna lainnya diantaranya yaitu orange, merah menyala, kuning dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Untuk Seluruh Jenis Windows

Tumbuhan tersebut sangat sering berbunga atau berbunga lebih sering, tak heran jika tanamannya disukai oleh para pecinta tanaman. Bagi Anda yang suka dengan tanaman-tanaman hias bisa memelihara flora ini dengan memilih warna-warna rupawan. Pastikan juga Anda merawatnya dengan baik, karena cara perawatannya pun mudah.

Tags: