Cara Menjumlah di Excel yang Benar dan Fungsi yang Dipakai

Cara Menjumlah di Excel yang Benar dan Fungsi yang Dipakai

frogsters – Salah satu aplikasi Microsoft Office yang sangat berguna untuk urusan penyajian data dan hitung-menghitung adalah Excel. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menjumlah apa saja dengan cara mudah. Bahkan, ada banyak fungsi lain yang lebih kompleks seperti fungsi logika sampai ke pembuatan aplikasi sederhana.

Khusus pada pembahasan ini kita akan mengetahui cara menjumlah di Excel. Fungsi ini cukup dasar dan harus bisa dilakukan oleh pemula. Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Cara Jumlah di MS Excel dengan Cepat

Excel bisa dipakai untuk melakukan penjumlahan. Caranya cukup sederhana karena Anda hanya perlu mengetikkan angka yang dikehendaki pada cell. Formatnya adalah “= angka pertama + angka kedua”, lalu tekan enter (= 7 + 5). Penjumlahan bisa langsung terjadi secara otomatis. Jadi, kalau Anda ingin menjumlah banyak angka dan tidak bawa kalkulator, Excel bisa diandalkan.

Sebelum berlanjut ke fungsi SUM, Anda harus paham kalau setiap cell atau kotak pada Excel memiliki kode sendiri. Misa A2, berarti kolom A, baris nomor 2. Kode ini akan banyak dipakai untuk melakukan penjumlahan. Misal di cell A2 ingin dijumlahkan cell C3, cukup ketikan = A2 + C3, lalu tekan enter.

  1. Cara Jumlah dengan Fungsi SUM

Cara menjumlah di Excel selanjutnya dilakukan dengan fungsi SUM. Fungsi ini harus dipakai agar Anda tidak perlu mengetik terlalu banyak. Misal ingin menjumlah data pada sel A2 sampai A120. Kalau diketik sendiri tentu merepotkan. Anda cukup memakai fungsi dengan format: =SUM(A2:A120) lalu tekan enter.

Bagaimana cara menjumlahkan ke samping di Excel? Caranya hampir sama, cukup pakai: =Sum(A1:K1) lalu enter untuk baris 1 pada kolom A-K. Kalau Anda enggan mengetik, cukup ketikkan saja: =Sum( , klik pada cell yang akan dijumlah lalu geser ke samping hingga selesai lalu beri tanda kurung tutup ), tekan enter.

Saat menggunakan pengetikan manual pakai kode cell, jangan sampai melakukan kesalahan agar tidak menyebabkan hasil error atau salah.

  1. Menggunakan Fungsi SUBTOTAL

Fungsi Subtotal adalah fungsi yang dipakai untuk berbagai hal. Karena kita akan mempelajari penjumlahan, kita akan membahas kode itu saja. Fungsi ini memiliki format: =SUBTOTAL(kode, cell1:cell2) lalu enter.

Kode untuk Subtotal adalah 109 atau 9. Misal Anda ingin menjumlah angka di kolom A mulai dari baris 3 sampai 20. Fungsi yang bisa dituliskan di cell menjadi: =SUBTOTAL(9, A3:A20), lalu enter agar fungsi mulai melakukan penjumlahan. Fungsi subtotal lain ada yang bisa melakukan pengurangan, perkalian, dan fungsi aritmatika lainnya.

Baca Juga : Cara Download Play store Yang Hilang Dari Smartphone Android

Cara menjumlah di Excel ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan untuk menghitung apa saja. Selain penjumlahan, fungsi aritmatika lain juga tersedia di sini dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan belajar atau pekerjaan. Misal saat membuat laporan keuangan dan menghindari adanya salah hitung.

Tags: ,